Download macam-macam file gratis

WILUJENG SUMPING......................DI BLOG NA MANG DODONG....MUGIA AYA FILE NU KA ANGGO KU PARA SADEREK.......

Rabu, 16 November 2011

PENGERTIAN, FUNGSI, DAN SIFAT KEPRAMUKAAN

PENGERTIAN, FUNGSI, DAN SIFAT KEPRAMUKAAN

A. Pengertian Kepramukaan
Kepramukaan adalah bukan hanya suatu ilmu atau materi, melainkan kegitan yang menarik bagi anak di bawah kakak-kakak dan bukan kumpulan naskah yang ahrus dipatuhi.
Kepramukaan ditujukan kepada pendidikan jasmani dan rihani. Kepramukaan pada hakikatnya suatu proses pendidikan yang menyenangkan bagi anak dan pemuda di bawah asuhan orang tua dengan menggunakan metode dasar. Sedangkan pramuka itu sendiri adalah pelakunya (sebagai subyek).

B. Sifat Kepramukaa
Berdasarkan resolusi Konferensi Kepanduan Sedunia tahun 1924 di Kopenhagen, Denmark, maka kepanduan mempunyai tiga sifat atau ciri khas, yaitu :
  • Nasional, yang berarti suatu organisasi yang menyelenggarakan kepanduan di suatu negara haruslah menyesuaikan pendidikannya itu dengan keadaan, kebutuhan dan kepentingan masyarakat, bangsa dan negara.
  • Internasional, yang berarti bahwa organisasi kepanduan di negara manapun di dunia ini harus membina dan mengembangkan rasa persaudaraan dan persahabatan antara sesama Pandu dan sesama manusia, tanpa membedakan kepercayaan/agama, golongan, tingkat, suku dan bangsa.
·            Universal, yang berarti bahwa kepanduan dapat dipergunakan di mana saja untuk mendidik anak-anak dari bangsa apa saja

C. Fungsi Kepramukaan
1. Kegiatan yang menarik untuk anak didik
2. Pengbdian seseorang
3. Alat/organisasi kepramukaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar